Lemah Lembut Dalam Bermuamalah

 Risalah Syaikh Abdurrozaq hafizhahullah

Sebaik baik muslim adalah yang paling baik terhadap manusia. Muslim yang baik tidak boleh berbuat buruk kepada manusia, juga tidak boleh memberi mudharat, juga diharamkan atas kita utnuk berbuat kedzaliman yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Kunci mendapatkan kebaikan yakni:

1.      Hendaknya menanamkan tauhid dalam diri

2.      Mendakwahkan tauhid

3.      Melakukan kewajiban yang diperintahkan Allah

4.      Menjauhi perbuatan maksiat

Jangan pernah melirik keburukan, karena kemaksiatan sangat mudah untuk terjadi. Maksiat itu akan beranak pinak, satu maksiat mengundang kemaksiatan lainnya. Sebaliknya bila melakukan kebaikan, maka ia juga akan membawakita untuk melakukan kebaikan lainnya

5.      Jangan mendekati fitnah dan syahwat

6.      Jangan menjadi pelopor fitnah

7.      Do’a, kunci semua kebaikan

8.      Bersikap lembut dalam suatu perkara.

Berhati-hati dan mempergauli manusia dan hendaknya kita berbuat lemah lrmbut. Seperti Nabi Musa ‘alaihissalam yang diperintahkan Allah untuk mendakwahi fir’aun dengan lemah lembut (Surah Al-Muthaffifin). Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga berdakwah dengan akhlaku yang mulia

Akhlak yang buruk akan membuat orang lain merasa tidak nyaman dengan pelakunya. Akhirnya akan membuat seseorang jadi terhina dan merasa sedih sebagai bentuk dari penyesalannya. Orang yang akhlaknya buruk idak akan bisa membuka hati org lain untukk melakukan kebaikan.

9.      Mudah untuk memaafkan. Teladan kita Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam itu tidak pernah marah terhadap hal yang menyangkut pribadinya dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam itu sangat pemaaf.

Jiwa manusia itu akan lari dari sikap kasar, keras, penentang, dan akhlak yang buruk. Walaupun yang dibawa atau disampaikan adalah kebaikan.

Di zaman penuh fitnah dimana banyak orang yang jahil, banyak syubhat, kebenaran seakan terasa asing bagi manusia. Apalagi kalau penyampaian diselimuti akhlak yang buruk, manusia jadi semakin menolak kebenaran..

Barangsiapa yang ingin menjadi kunci kebaikan, maka hendaklah dia punya akhlak yang mulia.

 

Comments

More